- Advertisement -
Lifestyle

Pemenang Istanbul Photo Awards 2019 diumumkan

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Potret seorang wanita Palestina dan petugas keamanan Israel yang saling mengambil foto, yang diabadikan oleh jurnalis foto AFP Ahmad Gharabli, terpilih menjadi “Foto terbaik 2019” Istanbul Photo Awards, yang diselenggarakan oleh Anadolu Agency.

Dalam kategori Berita Tunggal , gambar milik fotografer Palestina berusia 40 tahun yang diambil di jalanan Yerusalem itu mendapat hadiah utama dalam kontes, yang diadakan di Istanbul, ibu kota seni dan budaya Turki.

Perhelatan yang disponsori oleh maskapai Turkish Airlines dan lembaga Badan Koordinasi dan Kerja sama Turki (TIKA) ini menghadirkan para pakar internasional sebagai dewan juri.

Kontes, yang berlangsung dari 19 hingga 24 April, berfokus pada berita dan foto olahraga dan memiliki empat kategori: Berita Tunggal, Berita Cerita, Olahraga Tunggal, dan Olahraga Cerita.

Deborah Copaken, jurnalis foto dan penulis Amerika, bergabung dengan dewan juri untuk pertama kalinya sebagai ketua.

“Adanya gambar ponsel ini menjadikannya semacam pernyataan universal tentang di mana kita berada dalam pengumpulan berita hari ini,” kata Copaken.

“Ini juga gambar yang sangat bagus dan belum terlalu banyak dilihat,” kata Marion Mertens, pemimpin redaksi digital Paris Match, anggota dewan juri.

Juri lainnya, Yuri Kozyrev dari Rusia, seorang jurnalis foto dari NOOR yang berbasis di Belanda, mengatakan foto tersebut adalah contoh yang kuat tentang bagaimana perang naratif menjadi lebih penting daripada perang fisik karena adanya teknologi baru.

[adinserter name=”Block 1″]

– ‘Pemandangan menarik’

Hadiah kedua dalam Kategori Berita Tunggal diberikan kepada Daniel Ochoa de Olza (41), seorang fotografer dokumenter yang bekerja untuk Associated Press.

Foto Olza menampilkan sekelompok migran yang melompati perbatasan AS-Meksiko pada malam hari.

Baca juga  Ratu Malaysia ketagihan serial televisi Turki

“Ini adalah pemandangan yang sangat menarik tentang apa yang terjadi pada para migran ketika mereka datang melintasi perbatasan,” kata Copaken.

Elyxandro Cegarra (41), seorang fotografer lepas, meraih hadiah ketiga dalam kategori yang sama, dengan foto yang menampilkan aksi protes Rompi Kuning terhadap kenaikan pajak bahan bakar di Paris.

“Gambar yang kami pilih adalah seorang wanita yang berlutut, menangis, dia bahkan tidak mengenakan Rompi Kuning. Dalam gambar itu, Anda bisa memahami dorongan dari seluruh gerakan ini,” ujar Copaken.

Memuji foto kedua dan ketiga yang dipilih oleh juri, Mertens mengatakan: “Kisahnya kuat. Gambar dan komposisi kuat. Saya pikir kami memiliki beberapa jurnalisme foto berkualitas tinggi. Kami senang tentang hal itu, kata Mertens, memuji foto kedua dan ketiga yang dipilih oleh juri.

Dalam kategori Berita Cerita, foto-foto karya jurnalis Meksiko Guillermo Arias (44), kontributor reguler untuk Agence France Presse (AFP), mendapat hadiah utama.

Foto-foto tersebut memperlihatkan perjalanan berbahaya ribuan migran Amerika Tengah menuju AS.

Serangkaian foto karya fotografer Getty Images, Chris McGrath (40), yang diambil setelah pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul meraih posisi kedua dalam kategori yang sama.

Pemenang hadiah ketiga dalam kategori Berita Cerita diberikan kepada fotografer lepas asal Indonesia, Ulet Ifansasti, untuk foto-fotonya yang memperlihatkan dampak gempa bumi dan tsunami di Sulawesi pada 2018 silam.

[adinserter name=”Block 1″]

– Kategori Olahraga

Dalam Kategori Olahraga Tunggal, jurnalis foto Jerman Matzke Stefan (56) memenangkan hadiah utama untuk fotonya yang menampilkan peselancar Sebastian Steudtner dari Jerman saat sedang menghadapi ombak besar di Praia do Norte, Portugal.

Fotografer lepas yang berbasis di AS Terrell Groggins (37) mendapat hadiah kedua dalam kategori yang sama dan fotografer Reuters Lenoir Francois (46) dari Belgia meraih peringkat ketiga.

Baca juga  Erdogan tolak investasi besar perusahaan rokok, “mereka ingin pemuda Turki jadi pecandu”

Sementara itu, dalam kategori Cerita Olahraga, hadiah utama dimenangkan oleh fotografer lepas Iran Forough Alaei (30), dengan fotonya yang menceritakan kisah seorang gadis berusia 22 tahun yang menyamar sebagai pria untuk memasuki stadion sepak bola.

Jurnalis foto Getty Images Ezra Shaw (45) meraih posisi kedua dalam kategori yang sama dan fotografer lepas Belgia Alain Schroeder (64) memangkan hadiah ketiga.

Pemenang Foto Tahun Ini akan mendapat hadiah sebesar USD8.000, sedangkan pemenang pertama untuk semua kategori diberikan USD5.000, posisi kedua menerima USD3.000, posisi ketiga menerima USD1.500.

[adinserter name=”Block 1″]

Foto-foto pemenang akan dikompilasi dalam buku tahunan dan akan ditampilkan dalam pameran di Turki dan sejumlah negara lainnya sepanjang tahun.

Untuk melihat daftar semua pemenang, kunjungi: http://istanbulphotoawards.com/

[Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: