- Advertisement -
Dunia IslamInternasional

Polisi Turki temukan Taurat berusia 400 tahun

TURKINESIA.NET – AYDIN. Dalam sebuah operasi anti-penyelundupan pada hari Kamis [14/02], Polisi di kota barat Aydın menemukan Taurat yang diyakini setidaknya berusia 400 tahun. Penyitaan itu terjadi setelah ada informasi dari polisi yang menyerbu sebuah rumah di distrik Efeler di kota tersebut.

Kitab kuno bersampul kulit dengan tulisan logam dan batu-batu berharga di sampulnya ditemukan di rumah. Taurat tersebut diserahkan kepada pejabat museum setempat sementara seorang tersangka ditahan. []

Penyitaan buku-buku kuno dalam bahasa Ibrani dan Taurat telah menjadi hal biasa di Turki dalam beberapa tahun terakhir. Dua Taurat berlapis emas yang langka disita tahun lalu di kota barat Bilecik dalam operasi anti penyelundupan lainnya.

Pada 2012, polisi di kota selatan Adana telah menyita Taurat berusia 1.900 tahun yang diselundupkan dari Suriah. Sumber dari sebagian besar buku yang disita umumnya ditelusuri berasal dari Suriah, yang sedang dalam kondisi perang.

Keadaan tidak berjalannya hukum di Suriah membuat Turki menjadi tujuan penyelundupan barang antik dari negara tersebut. Pihak berwenang telah meningkatkan upaya untuk mencegah penyelundupan dan penjualan artefak yang diselundupkan. Pemerintah Turki juga telah mengeluarkan daftar artefak yang diyakini dicuri dari Suriah dan memperingatkan agen pabean, kolektor, dan lainnya agar tidak membelinya. [Daily Sabah]

 

5 1 vote
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: