Sabtu, Agustus 13, 2022
EkonomiEropa

Putin ajak Turki bangun pabrik drone Baykar di Rusia

Pabrik drone Baykar
Pabrik drone Baykar

TURKINESIA.NET, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin mengajak Turki untuk mendirikan pabrik drone Baykar di Rusia. Kabar itu muncul pada hari Selasa. Sebelumnya, telah beredar kabar bahwa Baykar telah mulai membangun pabrik produksi di UEA.

Menurut CNN Turk, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan kepada rekan-rekannya pada pertemuan puncak partai pada hari Senin bahwa Putin telah mendekatinya selama pertemuan baru-baru ini di Teheran. Putin menyarankan kesepakatan dengan perusahaan Turki Baykar guna memproduksi drone serangannya.

Drone produksi Baykar telah terbukti efektif melawan pasukan Rusia di Ukraina.

“Putin mengatakan kepada saya bahwa dia ingin bekerja dengan Baykar,” kata Erdogan.

“Dia mengusulkan untuk mendirikan pabrik di Rusia seperti yang telah dilakukan [Baykar] di UEA.”

Seorang juru bicara Baykar membantah bahwa perusahaan tersebut telah mendirikan pabrik di UEA. Juru bicara itu menolak mengomentari proposal Rusia.

Namun, seorang sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan bahwa Baykar memang sedang dalam proses membangun jalur produksi di UEA.

Haluk Bayraktar, CEO Baykar, mengatakan pekan lalu bahwa dia tidak akan menjual drone ke Rusia.

“Ada hubungan strategis antara Turki dan Ukraina, terutama di bidang penerbangan dan luar angkasa,” katanya kepada CNN.

“Turki mendukung Ukraina dengan teknologi drone bersenjata. Kami tidak mengirimkan atau memasok apa pun ke Rusia. Kami tidak akan pernah melakukan hal seperti itu.”

Drone Bayraktar TB2 Baykar memiliki rekam jejak keberhasilan yang terbukti melawan beberapa musuh dalam konflik di Libya, Suriah, dan Nagorno-Karabakh. Tapi mereka belum pernah digunakan melawan tentara dengan kemampuan peperangan elektronik canggih dan sistem pertahanan udara mutakhir sampai invasi Rusia ke Ukraina.

Sejauh ini mereka telah terbukti sangat efektif dalam memerangi pasukan Rusia yang ditempatkan jauh di dalam wilayah Ukraina.

Baca juga  Menlu : Qatar akan memihak Turki dalam kesulitan apapun

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengungkapkan bulan lalu bahwa Ukraina telah menerima 50 drone bersenjata dari Baykar sejak invasi Rusia pada 24 Februari.

Sumber: Middle East Eye

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: