Saturday, June 22, 2024
InternasionalTimur Tengah

Rekaman Turki buktikan AS terus suplai senjata untuk teroris YPG di Suriah

TURKINESIA.NET – Pesawat-pesawat tempur Turki pada hari Senin [07/10] menghantam sasaran terkait teroris PKK ketika mereka melewati gerbang perbatasan Semelka. Perbatasan tersebut terletak di antara daerah otonomi Pemerintahan Kurdistan (KRG) Irak dan wilayah Suriah yang saat ini berada di bawah kendali teroris Unit Perlindungan Rakyat (YPG).

Serangan itu terjadi di tengah pengiriman bantuan AS kepada para teroris yang juga berasal dari wilayah KRG.

Rekaman menunjukkan AS terus mengirimkan bantuan militer ke YPG/PKK di Suriah,

Rekaman yang direkam oleh Anadolu Agency pada hari Senin [07/10] menunjukkan AS mengerahkan peralatan militer dan logistik baru untuk YPG/PKK di sebelah timur Sungai Eufrat di Suriah.

Pengiriman yang dilakukan melalui gerbang perbatasan Semelka di perbatasan Irak-Suriah adalah bukti kelanjutan dukungan AS terhadap para teroris YPG.

Dalam minggu terakhir saja, jumlah truk yang dikirim AS ke utara Suriah telah mencapai 600.

AS saat ini memiliki sekitar 2.000 personel di 18 pangkalan dan lokasi militer di Suriah.

“Puluhan ribu truk berisi senjata dan amunisi telah diberikan kepada PKK/YPG. Siapa yang memberi [senjata-senjata itu]? Mereka yang tampaknya merupakan sekutu strategis kita, memberi [senjata itu],” kata Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada 26 Juli.

[adinserter block=”1″]

Dia juga menunjukkan bahwa meskipun AS berupaya untuk membedakan antara YPG dan PKK, keduanya adalah dua sisi dari koin yang sama.

Presiden AS Donald Trump menghadapi tekanan yang meningkat di Washington setelah pada Minggu malam Gedung Putih mengumumkan penarikan pasukannya dari timur laut Suriah menjelang operasi Turki “yang telah direncanakan”. [Daily Sabah]

 

 

 

 

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d