- Advertisement -
Internasional

Ribuan Warga Turki turun ke jalan kutuk kebrutalan teroris PKK

TURKINESIA.NET – AGRI. Ribuan warga bersama dengan para politisi, pemerintah daerah dan LSM turun ke jalan utama di berbagai wilayah timur Turki pada hari Sabtu. Mereka memprotes serangan-serangan PKK dan menyuarakan dukungan untuk aksi para ibu yang menduduki kantor Partai Rakyat Demokratik yang disinyalir mendukung kelompok teroris yang telah menculik anak-anak mereka untuk dijadikan milisi.

Demonstrasi berlangsung di kota-kota Ağrı, Batman, Bingöl, Bitlis, Elazığ, Hakkari, Mardin, Muş, Siirt, Sanlıurfa, Şırnak, Tunceli, Van dan serta di berbagai pusat distrik di provinsi tersebut.

Di provinsi Bingöl, aksi tersebut diselenggarakan oleh Bingöl Martyrs’ and Veterans’ Family and Human Rights Association (BİŞHAK), sebuah Asosiasi Keluarga Martir, Veteran Martir dan Hak Asasi Manusia.

Peserta yang membawa bendera Turki berkumpul di depan menara jam di lingkungan Yenişehir dan berbaris menuju 15 Temmuz Direniş Square. Para pengunjuk rasa juga membentangkan bendera Turki sepanjang 209 meter.

Dalam aksi di provinsi Elazığ, orang-orang juga mengutuk serangan teroris yang menargetkan pasukan keamanan dan warga sipil. Mereka berbaris melantunkan slogan-slogan menentang terorisme.

Di provinsi Ağrı timur, sebuah upacara Islami diadakan di Masjid Merkez untuk warga sipil yang tewas dalam serangan itu, diikuti dengan pawai menuju Lapangan Abide, sementara ribuan orang mengorganisir pawai di provinsi Tunceli.

Gubernur, dan pejabat lainnya juga turut hadir dalam aksi tersebut, kata laporan itu.

Kamis lalu, tujuh orang tewas dan 10 lainnya terluka di distrik Kulp di provinsi Diyarbakır ketika teroris PKK meledakkan sebuah bom pinggir jalan saat sebuah truk pengangkut yang membawa pekerja kehutanan lewat.

[adinserter name=”Block 1″]

Walikota distrik dan pejabat lain dari Partai Rakyat Demokrasi Rakyat (HDP) pro-PKK serta ketua distrik partai ditahan sebagai bagian dari penyelidikan atas serangan itu.

Baca juga  Bulgaria serahkan tersangka teror ke Turki

HDP telah lama menghadapi reaksi publik dan penyelidikan yudisial atas hubungannya dengan PKK. Mereka juga berada di bawah tekanan atas gerakan protes sipil yang meningkat yang diluncurkan oleh penduduk setempat.

Aksi menduduki kantor partai tersebut oleh para ibu yang anak-anaknya diculik oleh teroris di provinsi Diyarbakır telah memasuki hari ke-12 dengan jumlah keluarga yang ikut serta mencapai 32. Partai tersebut dituduh membantu PKK untuk merekrut militan baru melalui organisasi provinsi dan kabupaten serta kota.

[adinserter name=”Block 1″]

Di provinsi Van, 51 LSM berpartisipasi dalam demonstrasi melibatkan ribuan orang dengan membawa bendera Turki dan meneriakkan slogan-slogan anti-PKK di jalanan kota. [Daily Sabah]

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: