- Advertisement -
Teknologi

Rusia akan kirim rudal S-400 ke Turki pada bulan Juli

TURKINESIA.NET – MOSKOW. Rusia akan mulai mengirimkan sistem pertahanan rudal S-400 ke Turki pada bulan Juli, kata kepala eksportir senjata negara Rusia Rosoboronexport, Rabu [24/04], menurut kantor berita Interfax.

“Semuanya sudah dibahas dan disepakati,” Alexander Mikheev mengatakan kepada Interfax.

Mikheev mengatakan Rusia juga siap untuk membahas penjualan jet tempur ke Turki.

“Jika pihak Turki meminta kami untuk mengadakan konsultasi, kami akan siap untuk membahas [penjualan pesawat] bersama dengan [United Aircraft Corporation] UAC berdasarkan kemampuan kami,” tambahnya.

Ketegangan antara AS dan Turki telah mencapai puncaknya dalam beberapa bulan terakhir. Turki akan mulai menerima sistem rudal darat-ke-udara Rusia S-400 tingkat lanjut. Rudal tersebut, menurut Washington akan membahayakan peran Turki dalam program jet tempur F-35 dan dapat memicu sanksi kongres.

[adinserter name=”Block 1″]

Para pejabat AS telah menyarankan Turki membeli sistem rudal Patriot AS sebagai ganti S-400. AS berdalih S-400 tidak sesuai dengan sistem NATO dan mengekspos kelemahan F-35 kepada Rusia. Turki telah menanggapi bahwa, tindakan AS yang pada awalnya menolak  untuk menjual Patriot memaksa Ankara untuk mencari penjual lain, menambahkan bahwa Rusia menawarkan kesepakatan yang lebih baik termasuk transfer teknologi. [Daily Sabah]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: