Saturday, March 2, 2024
Internasional

Sambut seruan Erdogan, pedagang elektronik Turki boikot produk AS

TURKINESIA.NET – ANKARA. Sebagai tindakan balasan atas sanksi AS terhadap Turki, Erdogan telah menyerukan kepada rakyatnya untuk memboikot produk-produk elektronik negara Paman Sam tersebut.

Para pedagang Turki telah merespon seruan Erdoğan dan menghentikan pembelian iPhone di pusat-pusat perdagangan terkemuka di Istanbul seperti kompleks komersial Doğubank, Grand Bazaar, Tahtakale, Mahmutpaşa, dan Eminönü.

Di Doğubank sendiri, tiga importir besar telah menunda pembelian produk iPhone senilai 50 juta USD.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan pada hari Selasa (14/08) mengatakan bahwa Turki akan memboikot produk teknologi AS di tengah-tengah perselisihan antara kedua negara.

“Kami akan memboikot produk elektronik Amerika,” kata Erdogan. Dia menambahkan bahwa Turki akan menghasilkan versi yang lebih baik dari setiap produk yang sebelumnya dibeli dengan mata uang asing dan mengekspornya.

 

Pedagang menghentikan pesanan jangka pendek dan jangka panjang

Seorang pedagang Turki di Istanbul berkata, “Permintaan telah berhenti tiba-tiba. Juga di kota-kota lain pedagang sudah mulai membatalkan kontrak atau pesanan iPhone mereka.”

Di sisi lain, beberapa importir mencoba mengubah jatuhnya lira secara tiba-tiba menjadi keuntungan dengan menyimpan produk mereka di penyimpanan. Sebagian besar barang-barang impor, khususnya perlengkapan kantor tidak dapat ditemukan di pasar karena beberapa dari pedagang berencana untuk menaikkan harga setelah libur Idul Adha di Turki.

Diperkirakan bahwa total produk Apple iPhone senilai 7 miliar USD telah terjual di Turki dalam 10 tahun dengan menjangkau lebih dari 10 juta orang.

Mengacu pada sanksi AS, Erdoğan mengatakan pada hari Selasa, “Jika mereka memiliki iPhone, ada Samsung di sisi lain. Kami memiliki produk Vestel dan Venüs di negara kami.” [Yeni Safak]

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d