- Advertisement -
Dunia Islam

Semaraknya malam Nisfu Sya’ban di Turki

Turkinesia.net – Pada Senin malam, warga Turki menghidupkan malam Nisfu Sya’ban (pertengahan bulan Sya’ban) di sebagian besar masjid-masjid di pusat kota dan desa di seluruh negeri.

Masjid-masjid bersejarah penuh sesak dengan para hadirin yang datang untuk merayakan acara keagamaan ini, yang menandai akan datangnya bulan suci Ramadhan.

Departemen Mesjid menyelenggarakan program khusus pada kesempatan ini, diselingi dengan bacaan-bacaan ayat-ayat Al-Qur’an, serta nasyid-nasyid keagamaan dan doa-doa religius.

Di Istanbul, warga Turki merayakan malam yang diberkati ini di masjid Sultan Ahmed, Al-Fatih, Sulaymaniyah dan Ayoub yang terdapat makam sahabat Nabi, Abu Ayyub al-Ansari.

Di ibukota, Ankara, masjid Kocatepe dan Hacı Bayram-ı Veli menyambut sejumlah besar warga Turki yang ingin menghidupkan kembali malam yang diberkati tersebut.

Di negara bagian selatan Hatay, warga mengidupkan malam di Masjid Habib al-Najjar, masjid tertua yang dibangun di Anatolia.

Sebagaimana warga Turki di barbagai bagian wilayah lainnya, masjid Ulu Great Mosque) di Adana, Maulana Jalaluddin Rumi di Konya dan Ulu di Gaziantep juga menyambut sejumlah besar warga.

Pada malam Nisfu Sya’ban, umat Muslim di berbagai belahan dunia menghidupkan malam dengan shalat, zikir, membaca Al-Qur’an dan doa setelah sholat Maghrib hingga menjelang shalat subuh.

TRT Alarabiya

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: