- Advertisement -
Internasional

Tarif baja dan aluminium AS atas Turki langgar aturan WTO

TURKINESIA.NET – ANKARA. Tarif impor baja dan aluminium yang diterapkan Amerika Serikat atas produk dari Turki dinilai bertentangan dengan aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Kementerian Perdagangan Turki mengatakan pada hari Jumat.

“Turki menentukan dan menerapkan kebijakan perdagangannya sesuai dengan Organisasi Perdagangan Dunia. Mengharapkan negara-negara anggota lainnya untuk mematuhi aturan internasional,” kata kementerian itu dalam siaran pers.

Kementerian tersebut juga menambahkan, “Kami akan terus mendukung eksportir besi, baja dan aluminium kami dengan membela kepentingan mereka terhadap praktik ilegal negara lain di setiap platform internasional, terutama WTO.”

Presiden Donald Trump mengumumkan bahwa AS telah melipatgandakan tarif impor aluminium dan baja di Turki dengan perbaikan masing-masing hingga 20 persen dan 50 persen.

Kementerian tersebut menambahkan: “AS akan terus menjadi mitra dagang penting kami.”

Ekspor besi, baja dan aluminium Turki ke AS tercatat mencapai USD 1,1 miliar pada 2017, sekitar 0,7 persen dari total ekspor.

Sedangkan, kementerian tersebut juga mencatat, impor Turki dari AS senilai USD1,3 miliar pada 2017.

“Para pengambil keputusan nyata yang diambil oleh pemerintah AS adalah produsen, sektor swasta, dan eksportir kedua negara,” kata pernyataan itu. [ANADOLU AGENCY]

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: