- Advertisement -
Internasional

Trump frustasi atas kasus pendeta Andrew Brunson

TURKINESIA.NET – Washington, D.C. Presiden Donald Trump “sangat frustrasi” bahwa Turki belum membebaskan pendeta AS Andrew Brunson yang ditangkap atas tuduhan teror dan mata-mata, Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan Selasa (14/08).

Pekan lalu, sembilan orang delegasi Turki yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Sedat Önal tiba di Washington dan bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri AS John J. Sullivan dan pejabat yang menyertainya. Ada juga pertemuan antara pejabat Departemen Keuangan kedua negara. Tidak ada pernyataan resmi yang dirilis oleh pihak Turki setelah itu, sementara Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa Önal dan Sullivan “membahas berbagai masalah bilateral termasuk Pastor Brunson.”

Namun, delegasi Turki kembali dari Washington tanpa kemajuan dalam kasus pastor yang ditahan sejak 7 Oktober 2016 karena dicurigai terkait dengan Gülenist Terror Group (FETÖ) dan teroris PKK. Kasus tersebut menjadi sebab awal di balik krisis antara kedua negara.

Beberapa hari kemudian, AS mengumumkan bahwa mereka telah menjatuhkan sanksi terhadap dua menteri Turki, Menteri Dalam Negeri Süleyman Soylu dan Menteri Kehakiman Abdulhamit Gül atas penahanan Brunson.

Turki kemudian mengumumkan tindakan balasan dengan membekukan asset Jaksa Agung AS Jeff Sessions dan Sekretaris Negeri AS, Ryan Zinke. [DS]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: