- Advertisement -
Humanitarian

Tukang kayu Turki mengantar 1000 mainan buatannya untuk anak-anak Suriah

TURKINESIA.NET – KASTAMONU. Muhammad Alt, seorang tukang kayu Turki yang tinggal di desa Çayyaka di Provinsi Kastamonu, Laut Hitam Turki, tidak pernah meninggalkan kampung halamannya selama lebih dari 15 tahun. Namun kini dirinya memutuskan untuk melakukan perjalanan ratusan kilometer demi mengantar hadiah kepada anak-anak di provinsi Afrin, Suriah utara.

Hadiah berupa 1000 mainan gasing tersebut merupakan buatan tangannya sendiri. Muhammad memutuskan untuk mulai membuat mainan setelah melihat anak Suriah yang menangis di televisi.

“Saya tidak bisa duduk dengan nyaman di sini sementara tetangga kami [di Suriah] menghadapi penganiayaan dan penindasan,” Alt mengatakan kepada Anadolu Agency (AA).

Oleh Humanitarian Relief Foundation (IHH),  sebuah LSM yang berbasis di Istanbul, Muhammad dibawa ke Afrin untuk  mengantarkan mainannya secara pribadi,

Yayasan tersebut menawarkan untuk membawa Muhammad Alt ke sana sebagai pengakuan atas cintanya pada anak-anak, kata seorang pejabat lokal untuk organisasi tersebut.

“Saya sangat tersentuh oleh tangisan dan kesedihan mereka. Saya belum meninggalkan desa saya dalam 15 tahun. Sekarang saya pergi untuk melihat tawa anak-anak Afrin,” kata Alt.

Turki pada 20 Januari meluncurkan Operation Olive Branch untuk menghapus afiliasi kelompok teroris PKK, Partai Uni Demokrat (PYD) dan sayap bersenjatanya, People’s Protection Units (YPG) serta elemen-elemen Daesh yang tersisa dari Afrin. Pada 18 Maret, pasukan Turki dan Tentara Pembebasan Suriah membebaskan pusat distrik Afrin. [Daily Sabah]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: