- Advertisement -
Afrika

Turki dan Aljazair akan mendirikan perusahaan eksplorasi minyak dan gas alam

Turki dan Aljazair akan mendirikan perusahaan eksplorasi minyak dan gas alam bersama untuk beroperasi di negara-negara sekitar kawasan, terutama di Aljazair, kata Fatih Donmez, menteri energi dan sumber daya alam Turki, Kamis.

Kedua negara mencapai konsensus tentang pendirian perusahaan patungan antara Sonatrach, perusahaan minyak dan gas nasional Aljazair, dan Turkish Petroleum, kata Donmez kepada Anadolu Agency.

Donmez yang menghadiri Konferensi Investasi Aljazair ke-2 sebagai tamu kehormatan, membahas langkah-langkah bilateral baru di bidang energi dan pertambangan dengan mitranya dari Aljazair, Menteri Energi dan Pertambangan Mohamed Arkab.

Mereka berdua sepakat untuk mendorong dan mendukung kerja sama dan usaha patungan yang sudah ada antara kedua negara dan pendirian perusahaan baru.

Tahun lalu, Aljazair dan Türkiye memulai proyek bersama di bidang petrokimia, di mana sebuah pabrik petrokimia didirikan di kota Adana, Turki selatan.

Proyek ini dimulai pada Oktober 2021 dengan kemitraan Ronesans Holding dari Türkiye dan Sonatrach.

Sekitar 90% ekspor Aljazair ke Türkiye terdiri dari bahan energi, termasuk gas alam cair (LNG), bahan bakar gas cair (LPG), minyak mentah, dan gas alam.

 

– Kedua negara memiliki peluang perdagangan yang besar

Volume perdagangan antara Türkiye dan Aljazair, yang tahun lalu sekitar $4 miliar, akan meningkat menjadi $5 miliar pada akhir tahun.

Berdasarkan keputusan presiden yang dikeluarkan pada bulan Mei selama kunjungan Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune ke Türkiye, mereka menargetkan perluasan lebih lanjut menjadi $10 miliar secepat mungkin, kata Donmez.

Menteri juga bertemu dengan Tebboune untuk membahas peningkatan hubungan perdagangan. Sekitar 1.500 perusahaan Turki beroperasi di Aljazair, dan Donmez mengatakan ada potensi pertumbuhan.

“Pekerjaan bersama dilakukan tidak hanya di bidang ekonomi, tetapi juga di bidang budaya dan politik, dan terutama di industri pertahanan. Kami akan melanjutkan pekerjaan kami tanpa henti sejalan dengan visi yang dikemukakan oleh kedua pemimpin ini (Erdogan dan Tebboune),” tambah Donmez.

Baca juga  Kamp konsenstrasi Haftar picu kemarahan di Libya

Sumber: Yenisafak

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: