- Advertisement -
Bilateral

Turki dan Rusia sepakati sebagian ketentuan bebas visa

TURKINESIA.NET  – ANKARA. Ankara dan Moskow telah menyetujui bebas visa untuk pengusaha, pengemudi truk dan pemegang paspor layanan, sebagaimana disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu, Rabu (15/08)

Berbicara pada jamuan makan malam di sela-sela Konferensi Duta ke-10 di ibukota Turki, Çavuşoğlu mengatakan, pada hari Selasa (14/08) dirinya berdiskusi dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov, tentang pencabutan visa bagi warga Turki dan juga bertukar pandangan tentang Suriah dan Idlib.

“Tentu saja keinginan kami adalah penghapusan total visa,” kata menteri.

Kementerian Luar Negeri Rusia pada hari Minggu (12/08) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Moskow “bersedia” untuk mengangkat visa dalam beberapa kategori bagi warga Turki.

Hubungan Turki dan Rusia pernah mengalami ketegangan pada November 2015, ketika Turki menembak jatuh jet militer Rusia di atas perbatasan Turki-Suriah setelah tidak dapat melakukan kontak dengan pesawat, Rusia memberlakukan berbagai sanksi sepihak terhadap Turki, termasuk larangan makanan impor dan mengakhiri perjalanan bebas visa.

Sementara itu, Çavuşoğlu mengatakan upaya untuk mencapai kesepakatan perjalanan bebas visa bagi warga Turki di negara-negara Uni Eropa terus dilakukan dan ditingkatkan.

“Kami akan bertemu dengan tim kami, termasuk wakil menteri luar negeri baru Turki dan wakil ketua Komisi Eropa, Frans Timmerman, dalam beberapa hari mendatang,” tambahnya. [Daily Sabah]

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: