- Advertisement -
Bilateral

Turki: Inisiatif Asia Baru untuk promosikan kawasan ASEAN

TURKINESIA.NET РANKARA. Inisiatif Asia terbaru dari Turki akan membantu kawasan-kawasan di ASEAN agar saling kenal dengan baik.

“Asia Anew Initiative yang diumumkan selama Konferensi Duta Besar Tahunan ini akan membantu kawasan ASEAN dikenal lebih baik,” papar Ahmet Idem Akay, duta besar Turki untuk Laos, di sela-sela Konferensi Duta Besar Tahunan di Ankara.

“Kita harus meningkatkan hubungan timbal balik kita. Mereka hanya tahu sedikit tentang kita, dan begitu pula kita,” tambah dia.

Meskipun hubungan diplomatik antara Turki dan Laos dimulai 61 tahun yang lalu, Akay mengatakan bahwa kunjungan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu ke Laos tahun lalu adalah yang pertama di tingkat tersebut.

Akay mengatakan bahwa Kedutaan Vietnam yang dibuka satu setengah tahun lalu adalah fasilitas diplomatik terbaru yang diresmikan di antara 10 negara anggota ASEAN.

Potensi perdagangan dan pariwisata

Mengenai hubungan ekonomi antara kedua negara, Akay mengatakan volume perdagangan kedua negara mencapai USD6 juta pada 2017.

“Volume perdagangan meningkat jadi USD15 juta pada 2018. Artinya ada potensi yang baik,” ujar dia.

[adinserter block=”1″]

Menurut Akay, setiap tahun sebanyak 700-800 orang warga Turki melancong ke Laos, sementara sekitar 50-100 warga Laos berwisata ke Turki.

Dalam kesempatan yang sama, Akay menyebutkan bahwa tidak adanya penerbangan langsung yang menghubungkan Turki-Laos adalah sebuah kerugian.

Sumber: Anadolu Agency Indonesia

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: