- Advertisement -
Internasional

Turki kecam pengakuan Parlemen Eropa atas pemimpin oposisi Venezuela

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki mengecam pengakuan Parlemen Eropa atas pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido sebagai presiden sementara, Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu mengatakan Jumat [01/01].

Cavusoglu juga memperingatkan bahwa intervensi asing semacam itu bahkan dapat memicu perang saudara di negara Amerika Selatan.

“Kami telah mengatakan sejak awal. Intervensi asing semacam itu tidak sehat dan tidak benar. Intervensi tidak akan menawarkan solusi. namun hanya akan memperdalam masalah. Tuhan melarang, negara Venezuela, bahkan dapat diseret ke dalam perang saudara,” Çavuşoğlu mengatakan kepada wartawan di Rumania.

Cavusoglu menyerukan negara lain agar terlibat dialog dalam menyelesaikan krisis Venezuela.

Pernyataannya itu disampaikan sehari setelah Parlemen Eropa mengakui pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido sebagai presiden sementara yang sah.

Pemerintah AS telah menyerukan aksi melawan Presiden Nicolas Maduro yang terpilih secara demokratis.

Pada hari Kamis [31/01], Parlemen Eropa meminta negara-negara anggota UE untuk mengakui pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido sebagai presiden sementara.

Pada sesi khusus di Brussels, anggota parlemen Uni Eropa memberikan suara 429 mendukung untuk mengakui Guaido, yang secara ilegal menyatakan dirinya sebagai presiden sementara minggu lalu. Sementara 104 menentang, dengan 88 abstain.

Venezuela telah diguncang oleh protes sejak 10 Januari ketika Presiden Nicolas Maduro dilantik untuk masa jabatan kedua setelah pemungutan suara yang diboikot oleh oposisi. Ketegangan meningkat ketika Guaido mengumumkan dirinya sebagai presiden pada 23 Januari. [Daily Sabah]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: