Thursday, June 13, 2024
Humanitarian

Turki peringati Hari Sindrom Down Dunia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Beberapa acara diadakan di Turki pada hari Kamis [21/03] untuk memperingati Hari Sindrom Down Dunia.

Sebuah departemen kepolisian setempat di provinsi barat laut Bilecik menyambut sekelompok anak-anak. Selama hari itu mereka diperlihatkan cara kerja para petugas kepolisian, mengoperasikan walkie talkie dan diberikan tumpangan di kendaraan polisi.

Dari kantor polisi, Gubernur Bilal Senturk menyoroti pentingnya koordinasi antara organisasi non-pemerintah, lembaga pendidikan dan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran bagi orang-orang yang membutuhkan dukungan khusus.

Dalam acara terpisah, penari profesional bermitra dengan anak-anak di sebuah studio di provinsi Aegean, Izmir, untuk mengajari mereka waltz dan cha cha.

“Mereka [anak-anak dengan Sindrom Down] sangat cepat untuk memahami dan rasa ritme mereka sangat kuat. Mereka dapat mengingat semua langkah. Mereka penuh energi dan cinta,” kata guru tari Maya Kilic.

Di provinsi Laut Hitam Rize, sebuah iklan layanan masyarakat yang disiapkan oleh 21 anak-anak dengan Sindrom Down dan guru-gurunya ditayangkan. Iklan tersebut menyampaikan pesan “kami sama seperti Anda dengan 1 perbedaan”. Perbedaan yang dimaksud adalah kromosom tambahan yang dimiliki orang  yang mengalami Sindrom Down.

Iklan tersebut menampilkan anak-anak yang berbagi makanan dengan teman-teman, membantu orang tua menyeberang jalan dan menangkap bola.

Di provinsi Gaziantep dan provinsi Antalya, anak-anak dengan Down Syndrome berpakaian sebagai band musik militer Ottoman Janissary tampil di hadapan penonton.

Di provinsi Adiyaman, anak-anak dengan Sindrom Down berpakaian sebagai dokter dan bertemu dengan pasien, menulis resep tiruan.

Ada sekitar 70.000 orang dengan Sindrom Down di Turki.

21 Maret diperingati setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran mengenai Down Syndrome, suatu kelainan bawaan yang disebabkan oleh kelebihan kromosom. [Yeni Safak]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d