- Advertisement -
Uncategorised

Turki: Rencana Netanyahu untuk caplok Tepi Barat langgar hukum internasional

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Juru bicara Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) Turki mengatakan keputusan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang ingin menganeksasi Tepi Barat jika dia memenangkan pemilihan umum “melanggar hukum internasional”.

“Baru-baru ini, Netanyahu menyatakan akan mencaplok Tepi Barat jika dia menang pemilu. Pernyataan ini jelas-jelas mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB dan hukum internasional,” kata Omer Celik via Twitter.

“Kami akan memastikan pertanggungjawaban kami di lapangan. Kami akan memberlakukan kedaulatan atas permukiman di Yudea dan Samaria [Tepi Barat],” kata PM Israel dalam sebuah wawancara dengan televisi Israel pada Sabtu malam.

Menurut Celik, Netanyahu berniat “menghancurkan hukum sepenuhnya”.

[adinserter name=”Block 1″]

Dia juga menyebut rencana pendudukan Netanyahu sebagai “ancaman besar” bagi hukum dan keamanan internasional.

“Sudah saatnya komunitas internasional menghentikan kegilaan Netanyahu,” tegas Celik.

Saat ini, sekitar 650.000 pemukim Yahudi menempati lebih dari 100 permukiman di Tepi Barat yang diduduki Israel dan Yerusalem Timur.

[adinserter name=”Block 1″]

Hukum internasional memandang Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebagai “wilayah pendudukan” dan menganggap semua aktivitas pembangunan permukiman Yahudi di sana ilegal.

Sementara itu, Palestina, menginginkan kedua wilayah itu – bersama dengan Jalur Gaza – menjadi bagian dari negara Palestina di masa depan. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: