Thursday, October 5, 2023
Industri Pertahanan

UGV Barkan resmi masuk inventaris pasukan keamanan Turki

UGV Barkan
UGV Barkan

Industri pertahanan Turki mencapai tonggak penting saat UGV Barkan secara resmi memasuki inventaris pasukan keamanan negara.

Dikembangkan oleh Havelsan, kendaraan darat tak berawak mutakhir ini akan dipamerkan di Pameran Industri Pertahanan Internasional ke-16 (IDEF 2023) mendatang, yang dijadwalkan berlangsung di Istanbul dari 25 hingga 28 Juli.

Pameran tersebut akan memberikan kesempatan bagi Havelsan untuk mempresentasikan kemajuan terbaru dalam solusi kendaraan tak berawak dengan tema “kesatuan digital”.

Havelsan, terkenal karena keahliannya dalam platform pelatihan dan solusi perangkat lunak untuk pasukan keamanan, menandai era baru dengan dimasukkannya Barkan sebagai platform operasional dalam inventarisnya. Terdiri dari Barkan I dan Barkan II, kendaraan tak berawak  sekarang tersedia untuk pasukan keamanan negara.

Veysel Ataoğlu, direktur produksi dan pengembangan produk di Havelsan, mengungkapkan bahwa perjalanan menuju robotika dan sistem otonom dimulai dengan Barkan I, dan mereka telah mendedikasikan sekitar 1,5-2 tahun untuk melakukan uji lapangan ekstensif.

Menanggapi umpan balik pengguna yang berharga, pengembangan Barkan II pun dilakukan. Versi yang lebih baru ini menunjukkan peningkatan mobilitas, hampir menggandakan kapasitas beratnya dan diperlengkapi untuk membawa senjata kelas berat.

Havelsan melakukan tes ketat, menggabungkan sistem senjata 12,7 milimeter, dan berencana untuk mengeksplorasi lebih lanjut peluncur granat 40 milimeter, rudal Mete, dan varian rudal lainnya.

Havelsan telah menarik perhatian internasional dengan memamerkan kendaraan tak berawak ini di berbagai pameran asing dan melibatkan para pembuat keputusan yang berpengaruh.

Dalam lingkup IDEF, perusahaan akan mengadakan pertemuan penting untuk mendukung inisiatif ekspornya, yang dikoordinasikan secara erat dengan Kepresidenan Industri Pertahanan (SSB).

Mengenai produk tanpa awak lainnya, Ataoğlu merinci perkembangan Baha, yang menjalani pengujian ekstensif selama sekitar satu tahun. Dengan peningkatan berkelanjutan dan daya tanggap terhadap persyaratan lapangan, Baha telah berkembang menjadi produk canggih yang beroperasi secara independen dari GPS, dengan kemampuan membanggakan seperti navigasi otonom dan penyelesaian tugas bahkan saat komunikasi terputus.

Menyoroti kehebatan Havelsan dalam peperangan elektronik, Ataoğlu menekankan bagaimana Baha dan Barkan bekerja secara kohesif dalam kerangka “kesatuan digital”. Selain itu, Havelsan saat ini sedang berupaya mengintegrasikan produk tak berawak dari berbagai perusahaan, termasuk tambahan terbaru untuk varian mereka, Kapgan, dan drone, untuk memperluas jangkauan penawaran.

Ataoğlu mengakui peran penting yang dimainkan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) dan subkontraktor, seperti TEKATRON, SIO HAVACILIK, Pertahanan Hitit, ESETRON, ASISGUARD, REPKON, Dönmezoğlu, CANiK, dan Unirobotic, dalam mencapai tingkat keberhasilan yang terpuji ini.

Sumber: Daily Sabah

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: