- Advertisement -
Internasional

Wapres Turki terkait pernyataan Trump atas Golan: Tidak sah dan tidak pernah dapat diterima

TURKINESIA.NET – YOZGAT. Wakil presiden Turki pada hari Selasa [26/03] menentang keputusan Presiden AS Donald Trump yang mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Berbicara di provinsi Yozgat, Fuat Oktay mengatakan: “Ini adalah keputusan tidak sah. Mengakui pendudukan yang tidak sah tidak pernah dapat diterima.”

Turki akan terus berada terdepan dalam membela apa yang benar dan sah dari mereka yang mengganggu perdamaian di Timur Tengah, kata Oktay.

Pada hari Senin [25/03], Trump menandatangani proklamasi presiden yang secara resmi mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah Israel.

[adinserter name=”Block 1″]

PBB mengatakan status hukum Golan akan tetap tidak berubah – terlepas dari pengumuman Trump – dan masih dianggap sebagai “wilayah pendudukan” di bawah hukum internasional.

Israel menduduki Dataran Tinggi Golan dari Suriah selama Perang Arab-Israel 1967.

Israel terus menduduki sekitar dua pertiga wilayah Dataran Tinggi Golan yang lebih luas sebagai akibat langsung dari konflik.

[adinserter name=”Block 1″]

Pada tahun 1981, Israel secara resmi mencaplok wilayah itu dalam suatu tindakan. Pendudukan tersebut ditolak dengan suara bulat pada saat itu oleh Dewan Keamanan PBB. [Yeni Safak]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: