- Advertisement -
Uncategorised

Yayasan amal Turki bangun desa untuk Muslim Rohingya

TURKINESIA.NET – BURSA. Yayasan amal Turki membangun sebuah desa untuk pengungsi Rohingya di Cox Bazaar, Bangladesh.

Desa yang diberi nama sebagai “Emir Sultan” ini terdiri dari 414 rumah bambu, dua sumur air, dua masjid, sebuah balai warga, dan sebuah tempat pembuangan akhir.

“Dengan adanya bantuan ini, rumah-rumah saudara-saudari Muslim kami dialiri listrik untuk pertama kalinya. Kami telah memasang panel surya di setiap rumah,” jelas Halil Asa, representatif dari Humanitarian Relief Foundation (IHH).

“Rohingya melihat Turki sebagai sumber harapan. Jika mereka tahu Anda berasal dari Turki atau melihat bendera Turki di baju Anda, mereka akan memandang Anda dengan penuh harapan,” tutur dia.

Rohingya, disebut-sebut PBB sebagai kaum paling teraniaya di dunia, telah menghadapi sejumlah serangan sejak kekerasan komunal meletus pada 2012.

Menurut Amnesty International, lebih dari 750.000 pengungsi Rohingya, sebagian besar perempuan dan anak-anak, telah melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh setelah pasukan Myanmar melancarkan operasi militer terhadap komunitas Muslim minoritas itu pada Agustus 2017.

Badan Pembangunan Internasional Ontario mengungkapkan hampir 24.000 Muslim Rohingya telah dibunuh oleh pasukan negara Myanmar sejak 25 Agustus 2017.

[adinserter name=”Block 1″]

PBB juga mencatat adanya pemerkosaan massal, pembunuhan, pemukulan brutal, dan penghilangan paksa yang dilakukan oleh tentara Myanmar.

Dalam laporannya, penyelidik PBB mengatakan pelanggaran seperti itu dapat dikategorikan sebagai kejahatan kemanusiaan. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: