- Advertisement -
Bilateral

Zambia ingin tingkatkan hubungan pertahanan dengan Turki

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Menteri pertahanan Zambia memuji hubungan bilateral negaranya dengan Turki dan menyuarakan harapan bahwa hubungan pertahanan antara kedua negara akan semakin menguat di masa depan.

“Hubungan antara Turki dan Zambia sejauh ini sangat baik,” kata Davies Chama kepada Anadolu Agency di Istanbul, di sela-sela Pameran Industri Pertahanan Internasional ke-14 (IDEF’19).

“Para kepala negara telah mengembangkan hubungan pribadi, yang telah meningkatkan hubungan antara Republik Turki dan Republik Zambia,” ujar Chama.

“Interaksi [antara kedua pemimpin] sangat luar biasa,” tambah dia, merujuk pada kunjungan kenegaraan Presiden Recep Tayyip Erdogan ke Zambia dan kunjungan pemimpin Zambia Edgar Lungu ke Turki baru-baru ini.

Atas undangan Turki, Presiden Lungu menghadiri upacara pelantikan Erdogan di ibu kota Ankara setelah dia terpilih kembali sebagai presiden Juni lalu.

Pada Juli, Erdogan melakukan kunjungan ke Zambia dan bertemu dengan Lungu dalam kunjungan resmi pertama presiden Turki ke negara itu.

Selama kunjungan tersebut, kedua negara menandatangani pakta untuk meningkatkan hubungan di sektor-sektor seperti pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata, investasi, olahraga, dan diplomasi.

[adinserter name=”Block 1″]

Kesepakatan pertahanan

Chama mengatakan kerangka perjanjian tentang masalah-masalah pertahanan antara Turki dan Zambia telah diselesaikan dan dia berharap bahwa selama kunjungannya, dia dapat menandatangani perjanjian itu.

“Saya pikir kami telah menciptakan hubungan pribadi, Menteri Yang Mulia Akar dan saya sendiri. Saya berharap kita bisa memperkuat kerja sama pertahanan antara Zambia dan Turki,” ujar dia, berbicara tentang pertemuan dengan rekan sejawatnya dari Turki Hulusi Akar.

Menteri pertahanan Zambia juga memuji produk-produk berkualitas tinggi di pameran tersebut.

“Sejauh ini, saya bisa melihat produk-produk berkualitas tinggi. Anda tahu Turki adalah bagian dari NATO. Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa produk yang dapat saya lihat di pameran ini berkualitas tinggi” tutur Chama.

Baca juga  Intelijen Turki sukses tangkap tokoh senior teroris YPG di Suriah

Dia mengungkapkan bahwa negaranya mencari cara untuk bekerja sama satu sama lain dan mengembangkan industri pertahanan bersama dengan Turki.

[adinserter name=”Block 1″]

Sehubungan dengan peluncuran rute baru Turkish Airlines dari Istanbul ke Lusaka, Chama mengatakan bahwa itu adalah perkembangan yang sangat bagus dan berharap penerbangan dapat dilakukan setiap hari.

Turkish Airlines meluncurkan penerbangan dari Istanbul ke Lusaka, ibu kota Zambia, Desember lalu, menjadikannya tujuan ke-55 maskapai ini di Afrika. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: