Saturday, April 13, 2024
Industri Pertahanan

Baykar bangun drone dan transfer teknologi untuk Arab Saudi

Baykar bangun drone dan transfer teknologi untuk Arab Saudi

Pelopor pesawat tak berawak Arab Saudi dan Turki telah menandatangani perjanjian strategis untuk melokalkan pembuatan kendaraan udara tak berawak (UAV) di kerajaan itu, kata kedua belah pihak pada hari Minggu.

Perjanjian dengan Baykar “akan meningkatkan peran SAMI (Industri Militer Arab Saudi milik negara) dalam mendukung industri pertahanan nasional dan memperkuat kemampuan lokal kami,” tulisnya di platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Kesepakatan itu juga mencakup transfer teknologi, Anadolu Agency (AA) melaporkan.

Upacara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan Arab Saudi di Riyadh juga melihat kontraktor pertahanan terkemuka Turki lainnya, termasuk Aselsan dan Roketsan, menandatangani perjanjian baru, kata AA.

Aselsan dan Roketsan menandatangani nota kesepahaman dengan NCMS, yang melakukan studi untuk melokalkan teknologi di kerajaan itu, tambahnya.

Perjanjian tersebut menandai babak baru yang memperkuat kerja sama antara Turki dan Arab Saudi, kata General Manager Baykar Haluk Bayraktar, saat berpidato pada upacara penandatanganan.

Dia menyarankan agar negara-negara yang mengembangkan teknologi baru tidak hanya mendapatkan keuntungan tetapi juga menjalin ikatan yang lebih kuat dengan sekutunya.

“Ikatan persahabatan kita semakin kuat. Langkah bersejarah sedang diambil untuk stabilitas regional dan global,” Bayraktar kemudian menulis di platform X, membagikan postingan SAMI yang menampilkan foto dari upacara penandatanganan.

Perjanjian tersebut mengikuti kesepakatan Baykar bulan lalu untuk menjual drone ke Arab Saudi, yang dikatakan menandai kontrak pertahanan terbesar dalam sejarah Turki yang terjadi di sela-sela tur Presiden Recep Tayyip Erdoğan ke tiga negara Teluk.

Nilai kesepakatan yang memerlukan kerja sama dalam transfer teknologi dan produksi bersama belum diumumkan.

Baykar mengatakan kesepakatan itu termasuk mengekspor kendaraan udara tak berawak Akıncı (UCAV) yang terkenal.

Bayraktar mengatakan proyek tersebut tidak hanya menjadi peluang bisnis bagi Baykar tetapi juga menjadi dasar peluang yang menjanjikan sejalan dengan kepentingan negara dan mengatakan siap untuk kelanjutan proyek tersebut.

“Kami telah dan akan terus berbagi teknologi inovatif, termasuk Bayraktar Akıncı. Pengembangan platform berteknologi tinggi seperti Bayraktar Akıncı tidak diragukan lagi sangat berharga,” katanya.

Dia menekankan drone itu “bukan senjata atau pesawat biasa” tetapi “robot cerdas terbang yang dilengkapi dengan puluhan komputer, puluhan ribu baris kode dan kecerdasan buatan.”

Menandai drone paling canggih dan canggih yang dibuat oleh Turki, Akıncı pertama kali dikirim ke pasukan keamanan Turki pada akhir Agustus 2021. Drone tersebut telah dijual ke enam negara hingga saat ini, menurut Baykar.

Akinci lebih canggih daripada TB2 Baykar, yang telah banyak digunakan dan dijual ke berbagai negara, termasuk Ukraina, Qatar, Azerbaijan, dan Polandia yang beranggotakan NATO.

TB2 telah terkenal secara global dan permintaan drone melonjak setelah ditampilkan dalam konflik di Suriah, Libya dan Azerbaijan. Ketertarikan semakin meningkat setelah penggunaannya oleh militer Ukraina untuk menggagalkan pasukan Rusia.

Baykar telah menandatangani kesepakatan untuk menjual TB2 ke setidaknya 30 negara sampai saat ini, termasuk empat negara anggota NATO dan dua Uni Eropa. Terakhir, Baykar menandatangani kontrak senilai $367 juta dengan Kuwait untuk TB2 bulan lalu.

“Baykar menyadari besarnya proyek ini dan mengerahkan semua kapasitasnya untuk menjamin kisah sukses yang merupakan pertanda dari kerja sama strategis selama bertahun-tahun,” kata manajer umum perusahaan tersebut.

Kesepakatan dengan Arab Saudi terjadi setelah Erdogan mendapatkan pemilihan kembali pada akhir Mei dan membangun upaya diplomatik Ankara sejak 2021 untuk menormalkan hubungan yang tegang dengan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA).

Sumber: Daily Sabah

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
حلول تركيبات الأنابيب

تم تصميم تركيبات إيليت بايب Elite Pipe لتكون سهلة الاستخدام ، مما يسهل التثبيت السهل ويضمن صيانة خالية من المتاعب طوال عمرها الافتراضي.

خدمات أنابيب uPVC

Its like you read my mind! You appear to know so much about this, like you wrote the book in it or something. I think that you can do with a few pics to drive the message home a little bit, but other than that, this is fantastic blog. A great read. I’ll certainly be back.

error: Content is protected !!
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d