- Advertisement -
Eropa

Bukti S-300 Yunani kunci jet F-16 Turki akan diserahkan ke NATO

f-16 Turkif-16 Turki

ISTANBUL – Turki berencana untuk menyerahkan kepada NATO dan sekutunya tentang log radar yang menunjukkan bagaimana sistem pertahanan udara S-300 Yunani mengganggu jet F-16 Turki selama misi di wilayah udara internasional.

Jet Turki yang terlibat dalam misi pengintaian di atas Laut Aegea dan Mediterania Timur diganggu oleh sistem pertahanan udara S-300 buatan Rusia yang ditempatkan di pulau Kreta pada 23 Agustus.

Namun, pejabat militer Yunani menyangkal tindakan tersebut, yang digambarkan oleh otorias Turki sebagai “tindakan bermusuhan” dalam Aturan keterikatan NATO.

Kementerian Pertahanan Turki sedang bersiap untuk mengirim rekaman radar insiden tersebut ke Sekretariat Jenderal NATO dan kementerian pertahanan anggota aliansi.

Turki, anggota NATO selama lebih dari 70 tahun, telah mengeluhkan tindakan provokatif dan retorika berulang-ulang oleh Yunani di kawasan itu dalam beberapa bulan terakhir.

Ankara mengatakan langkah seperti itu menggagalkan upaya itikad baik untuk perdamaian.

Sejak awal 2022, pesawat-pesawat tempur Yunani telah melanggar wilayah udara Turki 256 kali dan membidik jet-jet Turki sebanyak 158 kali.

Kapal penjaga pantai Yunani juga melanggar perairan teritorial Turki sebanyak 33 kali.

Sumber: Anadolu Agency

5 1 vote
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Sebelumnya, prototipe tank tempur generasi baru ini ditenagai oleh mesin diesel berkekuatan 1.500 tenaga kuda dari MTU Friedrichshafen GmbH Jerman. Rheinmetall Jerman juga telah membentuk usaha patungan dengan BMC yang ditujukan untuk produksi bersama kendaraan lapis baja, khususnya Altay. Namun, produksi dan pasokan mesin tank terhenti menyusul keputusan Berlin untuk membatasi ekspor senjata ke Türkiye, sekutu lama NATO. […]

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: