- Advertisement -
InternasionalTimur Tengah

Erdogan: Idlib semakin hancur seperti Aleppo

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Kota Idlib di Suriah menghadapi kehancuran bertahap seperti Kota Aleppo.

Pernyataan Erdogan itu disampaikan pada konferensi pers setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Ceko Andrej Babis di kompleks kepresidenan di Ankara, Selasa.

“Turki tidak mengusir dan menutup pintu bagi para pengungsi, tetapi kami akan senang jika kami dapat membantu pembentukan zona aman [di Suriah],” kata Erdogan.

Sabtu lalu, presiden Turki mengatakan bahwa Turki akan menerapkan rencana aksinya sendiri jika tentara Turki tidak diizinkan untuk mengendalikan zona aman di Suriah.

Dalam tiga minggu, di sela-sela sidang Majelis Umum PBB, Turki akan menggunakan kemungkinan terakhir untuk mencapai kesepakatan dengan AS dalam membangun zona aman di sepanjang garis timur Sungai Eufrat.

Sejak 2016, operasi Perisai Eufrat dan Ranting Zaitun Turki di barat laut Suriah telah membebaskan wilayah tersebut dari teroris YPG/PKK dan Daesh, termasuk wilayah Al-Bab, Afrin dan Azaz.

YPG/PKK adalah cabang kelompok teror PKK di Suriah, yang bertanggung jawab atas kematian hampir 40.000 orang di Turki, termasuk anak-anak dan perempuan, selama lebih dari 30 tahun.

[adinserter name=”Block 1″]

Sementara itu, Perdana Menteri Ceko Andrej Babis memuji proposal Erdogan tentang zona aman Suriah, mengatakan bahwa Turki tidak menginginkan uang tetapi zona aman dengan sekolah, rumah,dan investasi di dalamnya.

Menanggapi hubungan perdagangan bilateral dengan Turki, Babis mengatakan volume perdagangan antara kedua negara dapat ditingkatkan.

Perdana menteri Ceko itu menggarisbawahi potensi kerja sama yang besar antara kedua negara, terutama di bidang-bidang seperti industri energi dan pertahanan.

“Kami ingin melihat perusahaan Turki di negara kami,” kata Babis, yang juga menyebutkan peluang di area konstruksi.

Baca juga  Jenderal Turki Sezgin Erdogan meninggal di Idlib

Sumber: Anadolu Agency Indonesia

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: