Minggu, Oktober 2, 2022
Timur Tengah

Irak minta Turki tingkatnya volume air di di sepanjang sungai Tigris dan Efrat

Irak minta Turki tingkatnya volume air di di sepanjang sungai Tigris dan Efrat - Turkinesia

TURKINESIA.NET, BAGHDAD -Irak meminta Turki untuk meningkatkan aliran air di hilir sepanjang sungai Tigris dan Efrat, karena kedua negara menghadapi kekeringan dan ketegangan terkait pengelolaan sumber daya.

Baghdad secara teratur mengeluh bahwa bendungan yang dibangun di negara-negara tetangga berdampak pada ketinggian sungai.

Menteri Perairan Mehdi al-Hamdani dan perwakilan khusus presiden Turki untuk Irak, Veysel Eroğlu, membahas “jumlah air yang tiba di Irak melalui Tigris dan Efrat” dari Turki, kata sebuah pernyataan Irak.

Hamdani meminta Turki melalui konferensi video “untuk memeriksa kembali jumlah air yang dilepaskan, untuk memungkinkan Irak mengatasi kekurangan air saat ini,” tambahnya.

Sementara Eroglu mengatakan, dia akan menyampaikan permintaan kepada otoritas air di Ankara untuk meningkatkan jumlah air yang dilepaskan dalam beberapa hari mendatang, menurut cadangan yang tersedia (Turki).

Kedua belah pihak sepakat bahwa “delegasi teknis” Irak akan mengunjungi Turki dan diizinkan untuk “mengevaluasi cadangan bendungan Turki di lokasi.”

Total PBB mengklasifikasikan Irak sebagai ‘negara kelima yang paling rentan di dunia’ terhadap perubahan iklim, setelah mencatat rekor curah hujan dan suhu tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Masalah pengelolaan sumber daya air telah meningkatkan ketegangan antara Baghdad dan Ankara. Sebelumnya pada awal pekan ini, Duta Besar Turki untuk Irak, Ali Riza Guney, memicu kemarahan dengan menuduh orang Irak “memboroskan” sumber daya air, menyerukan di Twitter untuk “langkah-langkah segera untuk mengurangi limbah” termasuk “modernisasi sistem irigasi.”

Irak telah mengalami tiga tahun kekeringan berturut-turut dan telah mengurangi separuh area pertanian yang ditanami untuk 42 juta penduduknya. “Cadangan air telah turun 60 persen dibandingkan tahun lalu,” kata seorang pejabat pemerintah Rabu ini, kantor berita INA Irak melaporkan.

Baca juga  Jelang KTT NATO, delegasi tingkat tinggi Turki lakukan kunjungan mendadak ke Libya

Ketinggian air yang datang dari Tigris dan Efrat sekitar sepertiga dari rata-rata selama satu abad terakhir, menurut angka tersebut.

Sumber: Hurriyet Daily News

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: