Saturday, March 2, 2024
Ekonomi

Pusat Keuangan Istanbul akan segera diresmikan

Pusat Keuangan Istanbul
Pusat Keuangan Istanbul

Türkiye hampir menyelesaikan Pusat Keuangan Istanbul (IFC) yang merupakan distrik bisnis luas. Pusat IFC akan membanggakan hampir semua institusi paling terkemuka di negara tersebut  dan menempatkan kota metropolitan Turki di antara pusat keuangan terpenting dunia.

Proyek Pusat Keuangan Istanbul dimulai pada tahun 2009 dan sedang dikembangkan di distrik Atasehir di sisi kota Anatolia. IFC bertujuan untuk menjadikan Istanbul tujuan yang kompetitif bagi lembaga keuangan internasional dan investor dan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Turki.

Pusat ini akan menjadi rumah baru bagi sebagian besar lembaga dan otoritas keuangan paling terkemuka di Türkiye, termasuk Bank Sentral Republik Türkiye (CBRT), Bursa Efek Istanbul Borsa (BIST), Regulasi Perbankan dan Badan Regulasi dan Pengawasan Perbankan (BDDK) dan Dewan Pasar Modal Türkiye (SPK).

Pemberi pinjaman publik Ziraat Bank, Halkbank dan VakıfBank juga akan pindah ke pusat ini yang memiliki ruang kantor seluas 1,4 juta meter persegi (15 juta kaki persegi), pusat perbelanjaan seluas 100.000 meter persegi, pusat konferensi dan pertunjukan untuk 2.100 orang, hotel bintang lima seluas 30.000 meter persegi, dan tempat parkir berkapasitas 26.000 kendaraan.

IFC akan menjadi tuan rumah partisipasi perusahaan keuangan, investasi keuangan dan perusahaan manajemen portofolio, dan perusahaan asuransi.

Permintaan leasing dari perusahaan lokal dan asing disebut dalam proses penagihan sebelum daftar permintaan terbentuk.

Proyek bersejarah ini bertujuan untuk mendirikan pusat keuangan yang setara, jika tidak lebih besar, dari pusat keuangan yang ada di New York, London, dan Dubai.

IFM menampilkan semua yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dunia bisnis dengan model kota yang inovatif. Diharapkan memiliki sekitar 100.000 pengunjung per hari, termasuk pekerja.

Ke-21 gedung perkantoran yang dilengkapi dengan teknologi canggih ini akan membawa semua sistem manajemen di bawah satu atap. Selain itu, pusat perbelanjaan tingkat atas, yang akan mencakup ruang pertemuan bintang 5 dan restoran mewah terkenal di dunia, dirancang untuk memenuhi kebutuhan karyawan dan pengunjung.

Mal di IFM akan mencerminkan esensi dari pusat dengan fasilitas modern, arsitektur unik, dan desain fungsional, serta diharapkan akan membanggakan toko-toko merek ritel terkenal dunia.

Mal, tersebar di sepanjang 3,3 kilometer jalan, gang, dan alun-alun, akan memberikan pengalaman berbelanja di ruang terbuka dan menawarkan berbagai layanan dan pilihan merek dalam kategori seperti gastronomi, pakaian, teknologi, seni, hiburan, dan ritel lainnya.

Pada hari Senin, Menteri Lingkungan, Urbanisme, dan Perubahan Iklim Murat Kurum mengatakan proyek tersebut hampir selesai dan diharapkan selesai pada bulan April.

Awal bulan ini, Arda Ermut, CEO Türkiye Wealth Fund (TWF), mengatakan pembangunan Pusat Keuangan Istanbul sebagian besar telah selesai.

Meskipun mereka belum mulai menyewa ruang, Ermut mengatakan mereka sedang mengumpulkan permintaan karena dia menekankan minat yang tinggi.

“IFM akan memiliki dua komponen, komersial, seperti mal, dan ruang kantor. Ada permintaan tinggi untuk ruang komersial,” katanya.

Ermut mengatakan mereka telah memindahkan tim manajemen dan menyebut bahwa Bank Ziraat siap untuk pindah dan CBRT hampir selesai.

“Kami mendekati titik operasi setelah memastikan tidak ada masalah dalam konstruksi dan keselamatan dengan melakukan beberapa tes dengan cepat,” katanya.

“Kami berharap untuk meluncurkan operasi pada paruh pertama tahun ini.”

Sumber: Daily Sabah

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d