- Advertisement -
Eropa

Sekjen PBB bertolak ke Istanbul hadiri pertemuan soal ekspor gandum Ukraina

Sekjen PBB Antonio Guterres

TURKINESIA.NET, WASHINGTON – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres bertolak dari New York menuju Istanbul pada Kamis malam, kata wakil juru bicara sekjen PBB, Farhan Haq.

Kunjungan Sekjen PBB Guterres tepat satu minggu setelah pertemuan yang membahas ekspor gandum Ukraina.

Guterres melakukan perjalanan ke Istanbul, Turki malam ini, dalam upayanya untuk memastikan akses penuh produk makanan Ukraina ke pasar global, serta makanan dan pupuk Rusia,” kata Haq pada konferensi pers.

Kunjungan itu dilakukan setelah pertemuan pekan lalu di mana pejabat Turki, Ukraina, Rusia dan PBB sepakat untuk mendirikan pusat koordinasi di Istanbul untuk memfasilitasi ekspor gandum Ukraina.

Berton-ton gandum Ukraina tertahan karena perang Rusia-Ukraina yang sudah memasuki bulan kelima, menyebabkan kelangkaan global dan kenaikan harga.

Rusia, yang dituduh menggunakan makanan sebagai senjata, mengatakan sanksi Barat harus disalahkan atas kekurangan pangan.​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​

Haq mengatakan PBB ingin memiliki kesepakatan yang memungkinkan makanan dan pupuk Ukraina dan Rusia mencapai pasar global.

“Orang-orang masih sekarat. Masih berkecamuk. Tapi berita penuh harapan dari Istanbul menunjukkan pentingnya dialog,” ujar dia.

Sumber: Anadolu Agency

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: