- Advertisement -
Internasional

Teroris pembunuh diplomat Turki di Irbil Irak ditangkap

TURKINESIA.NET – IRBIL. Sekelompok teroris yang terdiri dari empat orang, termasuk Mazlum Dağ, penyerang yang terlibat dalam pembunuhan diplomat Turki Osman Köse di Irbil, telah ditangkap hidup-hidup dan ditahan di Irak utara, berdasarkan sebuah pernyataan dari Direktorat Keamanan Irbil, Sabtu [20/07].

Penangkapan yang dilakukan oleh Asayish, dinas keamanan internal Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG), terjadi di jalan antara Irbil dan Makhmour. Di lokasi tersebut terdapat sebuah kamp penampungan pengungsi di mana PKK memiliki kehadiran yang signifikan.

“Wilayah Kurdistan pada hari Sabtu mengumumkan penangkapan orang yang merencanakan pembunuhan seorang diplomat Turki di sebuah restoran di Erbil, kurang dari seminggu setelah serangan itu,” kata Asayish dalam sebuah pernyataan.

Menurut sumber keamanan Turki, teroris berusia 27 tahun itu adalah salah satu pelaku serangan terhadap diplomat Turki, Osman Köse, yang sedang bertugas sementara di konsulat jenderal Turki di Irbil. Kose terbunuh oleh tembakan senjata saat makan di sebuah restoran.

Dua warga Irak juga tewas dalam serangan yang terjadi di salah satu daerah teraman di wilayah pemerintahan KRG.

Mazlum Dağ diidentifikasi sebagai saudara laki-laki Dersim Dağ, seorang anggota parlemen dari Partai Rakyat Demokratik (HDP) dari Diyarbakar. HDP merupakan sebuah partai berbasis massa Kurdi yang pro kelompok teroris PKK. Dari 13 bersaudara, Mazlum Dağ juga memiliki dua saudara lelaki lain yang terkait dengan kelompok teroris.

[adinserter name=”Block 1″]

Dia bergabung dengan kelompok teroris pada Februari 2015 setelah melintasi perbatasan Turki-Irak dari persimpangan Habur di provinsi Şırnak, Turki tenggara, kata laporan itu. [Daily Sabah]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: