- Advertisement -
Internasional

Turki tangkap 120 tersangka Daesh pada bulan September

TURKINESIA.NET – MALATYA. Pasukan keamanan Turki menangkap 120 tersangka Daesh selama operasi anti-teror mereka di bulan September.

Menurut informasi yang diperoleh Anadolu Agency, operasi dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Turki, Direktorat Jenderal Keamanan, Komando Umum Gendarmerie dan Organisasi Intelijen Nasional.

Operasi dilakukan di provinsi Istanbul, Adana dan Osmaniye, Izmir barat, Diyarbakir dan Gaziantep, Kayseri, Konya, Bingol dan Samsun. Pasukan keamanan menangkap 120 tersangka teroris Daesh dan 35 di antaranya ditahan.

Dalam operasi di provinsi Bingol, empat belas dari 40 tersangka telah ditahan. Dua puluh dua tersangka ditangkap dalam operasi berbasis Diyarbakir. Sedangkan di Istanbul, delapan tersangka anggota Daesh ditangkap, dua di antaranya adalah perempuan asing.

Pakar bom Daesh tertangkap

Seorang warga negara Suriah, yang diduga ahli bom dan diidentifikasi dengan inisial UE, ditangkap di Osmaniye.

Pasukan gendarmerie menemukan bahwa tersangka berpartisipasi dalam beberapa kegiatan teroris di Suriah dan memasuki Turki secara ilegal pada 2017.

Seorang tersangka senior Daesh, yang diidentifikasi dengan inisial M.E.B dan bertanggung jawab untuk memerintahkan eksekusi di Raqqa Suriah, ditangkap di Istanbul.

Tersangka lain, diidentifikasi sebagai Muhammed R, diduga terlibat dalam eksekusi orang di Suriah, ditangkap di provinsi Izmir. Tersangka secara ilegal menyeberang ke Turki dan bersiap untuk melarikan diri ke luar negeri.

[adinserter block=”1″]

Penangkapan “Amir Tal Afar”

Empat warga negara Irak, termasuk yang disebut sebagai “amir Tal Afar Irak”, ditangkap di provinsi Kayseri.

Tersangka yang dijuluki emir, diidentifikasi dengan nama kode Abu Muhammed. Dia pertama kali bergabung dengan kelompok teror Al-Qaeda pada 2008 dan kemudian bergabung dengan kelompok teror Daesh pada 2012.

Dia dikatakan bertanggung jawab atas kematian 30.000 orang. Dia secara ilegal menyeberang ke Turki dua bulan lalu dan tugasnya adalah merekrut lebih banyak wanita untuk organisasi teror.

Baca juga  Tokoh senior Daesh ditangkap di Istanbul

Lebih dari 300 orang tewas dalam serangan yang diklaim dilakukan Daesh di Turki. Pasukan keamanan Turki telah terlibat dalam kampanye jangka panjang untuk menggagalkan kegiatan Daesh. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: